Jumat, 05 Desember 2008

PAKE BATIK ??? KENAPA ENGGA!!!

BATIK INDONESIA
Maraknya penggunaan batik di Indonesia sekarang memang lagi trend. Apalagi diinstansi pemerintah serta bank-bank se Indonesia rupanya cukup kompak mencanangkan hari jumat sebagai hari untuk memakai batik.

Sehingga trend batik sekarang tidak melulu kesannya mau ke Undangan atao Cuma acara-acara resmi lainnya…sungguh suatu hal cukup menggembirakan bukan, senangnya bisa menjadi raja/ratu dinegeri sendiri…karena batik merupakan salah satu cirri khas kekayaan budaya nenek moyang kita.

Tetapi tahukan kamu asal muasal perkembangan batik itu?
Gini kira-kira sekilas info tentang Batik Indonesia.

Batik berasal dari bahasa Jawa ‘amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata Batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknua bahan pewarna (dye) atau dalam bahasa Inggris “wax-resist dye”.
Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun lalu, tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Selain di Asia, batik juga sangat popular di beberapa Negara di benua Afrika, Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.
Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton.
CONTOH Corak Batik yang ada diantaranya Batik Tiga Negeri, Batik Jawa Hokokai, batik Buketan, Batik Pekalongan dll...

Bahkan sekarang ini jenis2 batik sudah sangat beragam dan tidak melulu batik konvensional..bahkan batik sekarang terkesan sangat modern dari jenis corak maupun modelnya yang sudah banyak ready to wear untuk bisa dipakai untuk segala suasana...bisa santai, bisa semi formal, bahkan bisa untuk formal.

So...sapa takut pake batik....Jumat sekarang kan jadi wajib neh pake tik..batik..ta iyeu....Hiudp Batik!!!!!

Tidak ada komentar: