Jumat, 07 November 2008

Catatan Kecil dari Diklat....

DIKLAT PELATIHAN DUKUNGAN DAN PROMOSI INVESTASI


Sebuah Catatan yang ingin saya tulis setelah mendapatkan sebuah pelatihan selama 1 minggu (5 hari kerja ceritanya) :) (hayo jujur ajah sebenernya efektifnya berapa hari, berapa jam, berapa waktu yang sudah dijalani waktu Diklat?? hehehe).


Suistainable Capacity Building for Decentralization (SCBD) Project ..............(ADB Loan 1964-INO) itu kira-kira nama beken dari salah satu diklat yang kebetulan beruntung bisa saya ikuti.
Dari judul materi yang saya dapat untuk Pelatihan Dukungan & Promosi Investasi...apa kira-kira yang sudah didapat kan ya?
Well...basicly temanya menarik, instrukturnya nya secara keilmuan sangat paham & cukup menguasai materi..dan cara beradaptasi dengan peserta diklat nya pun cukup unik serta cukup sesuai lah untuk kami-kami pegawai yang rata-rata dianggap kurang partisipatif...tp di kelas yang saya ikuti..saya sangat salut kepada rekan-rekan sesama pegawai yang rata-rata saya pikir punya potensi & sangat faham terhadap kondisi real permasalahan di tempat kita bekerja.
ini kira-kira kesimpulan bahan materi diklat yang bisa saya catat :
3 MASALAH YANG MENGHAMBAT INVESTASI :
1. Perijinan/Birokrasi Yang Terlalu Berbelit/Tidak adanya Kepastian Hukum
2. Ketidak tersediaan data dan informasi (yang kuat, akurat dan up to date) mengenai potensi daerah
3. Masalah Perburuhan & Buruknya Infrastruktur

sekarang yang menjadi pertanyaan dan kepikiran oleh saya adalah....kira-kira hasil dari acara Diklat ini bisa ga direpresentasikan secara nyata hasilnya?

Well kayanya cuma waktu yang bisa jawab....jujur saja untuk diri saya pribadi sangat suka ikut-ikut pelatihan, diklat, seminar ato apapun namanya yang sejenis (cuma sayang kesempatan sangat minim saya rasakan hiks..hiks..) Karena saya selalu suka belajar dan mengikuti, melihat hal-hal yang baru & terus menerus minimal untuk informasi dan perbaikan diri pribadi saya, dan jika mungkin akan berguna untuk bisa saya implementasikan ditempat saya bertugas..Syukur Alhamdullillah....setidaknya saya sudah berusaha. Itu mungkin yang saat ini dapat saya lakukan...

Btw...kira-kira ada ga yang pelatihan lain yang bisa saya ikuti (hopely)...tentunya kalo ada dengan sangat senang hati saya ikuti & tentunya saya share untuk semua...

C u again :)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hmmm... judul pelatihannya menarik sekali. Masalah terbesar investasi di indonesia memang soal perizinan dan over head cost (pungli), terutama setelah muncul otonomi daerah. Klau kita lihat angka BPS per kota, semakin banyak kota2 di indonesia yang nilai investasi (modal masuk) negatif. Artinya pembangunan mengandalkan APBDN bukan dari investor... semoga habis pelatihan punya kesempatan untuk memperbaiki ini ya. Salam Blogor...