Selasa, 28 Oktober 2008

Wisata Kuliner seputar Bogor 1

SOTO KUNING

Soto kuning Bogor cukup banyak penggemarnya. Coba sajajalan-jalan keliling Bogor, pasti di tiap jalan Anda temukan dua atau bahkan lebih tukang soto kuning. Dan anehnya setiap hari soto mereka ludes dibeli orang meski lokasinya cuma di emper-emper jalan. Salah satu pedagang soto yang jadi favorit adalah Soto Pak Bongkok.
Letaknya di Jl. Suryakencana, di perempatan jl. Roda, Gg.Aut, dan Suryakencana. Soto ini mangkal di depan mantan toko Djaja,toko yangmenjual onderdil mobil.
Soto ini dibuat dari kuah santan yang dibubuhi kunyit hinggakuningwarnanya.
Isinya berupa daging dan jeroan yang diletakkan diataswadah yang sudah dialasi daun pisang. Dengan besi yangdiruncingkan,Anda bisa memilih dan menusuk daging pilihan Anda.
Ada babat, lidah,daging, urat, dan usus. Setelah dipilih, tukang soto akan memotong-motong dalam ukuran serasi dan menatanya dalam mangkuk. Setelah dilengkapi kecap manis, irisan seledri, dan bawanggoreng, daging tadi disiram kuah soto nan panas. Enak sekali rasanya.
Di situ disediakan juga emping goreng atau emping jengkol sebagai tambahan.
Tapi untuk bisa menikmati kenikmatan soto kuning Pak Bongkok kini, kita harus datang jam 7 pagi, soalnya jam 10 sudah pasti habis.Apalagi kalau hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, pasti berebutan.
Salah satu pelanggan setianya adalah perancang kenamaan P eter Sie. Makanya tak heran kalau Soto Pak Bongkok bisa menghabiskan 6kg daging dan jerohan sapi seharinya.

Tidak ada komentar: