Minggu, 26 Oktober 2008

Perenungan tentang WAKTU.....

WAKTU
Tak terasa peristiwa demi peristiwa cepat terlalu. Pagi, petang, siang, malam, silih berganti.

Jarang di antara kita yang memperhatikannya, terlebih yang disibukkan oleh hidup yang mempesona dan mengasyikkan. Tahu-tahu jasmani berangsur surut. Waktu dan musim terus beralih dari masa ke masa, mengubah segalanya.

Dalam Alquran banyak disinggung perubahan masa dan waktu, supaya manusia selalu ingat bahwa dia berada dalam kekuasaan Tuhan. Dia tidak mungkin mampu menentang perubahan, baik dalam alam maupun dalam dirinya sendiri.

''Perhatikanlah bulan dan malam, ketika telah pergi. Dan pagi, ketika telah benderang. Sesungguhnya, inilah peristiwa yang sangat besar. Satu peringatan untuk manusia''
(Al-Mudatstsir 32-35).


Dalam hal ini, kematian merupakan peristiwa besar yang mengubah segalanya dan menghentikan seluruh nilai dunia yang pernah begitu dicintainya. Oleh sebab itu, setiap muslim sangat ingin -- di sela-sela timbul tenggelamnya hidup ini -- banyak amal saleh dapat dilakukan, banyak kemelut hidup dapat dipertanggungjawabkan, lalu mengakhiri usianya dengan husnul khatimah, sebagai akhir yang indah. Tentang umur, Rasulullah SAW mengatakan: ''Umur umatku di antara 60 dan 70 tahun, dan sedikit di antara mereka yang melampaui itu.'' (H.R. Ibnu Majah).


Satu hal yang paling berat menempatkannya dalam hati kita adalah satu hukum yang dijelaskan Alquran bahwa hidup sesudah mati (akhirat) itu lebih baik dan lebih kekal. Lebih lagi adalah menempatkan kata-kata hukum (Sunnatullah) itu dalam perspektif kehidupan sosial-ekonomi kita.
Perenungan tentang waktu yang sudah kita "pinjam pakai" di dunia ini yang sebenarnya yang akan menjadi bahan yang harus kita pertanggungjawabkan kelak di akhirat...so teman, sahabat, sudahkah kita sejenak dalam masa hidup kita sampai detik ini untuk sekedar merenung...tafakur...apa saja yang sudah dapat kita perbuat, kemarin, sekarang dan nanti??....
kalau meluangkan waktu untuk merenung saja tidak kita sempatkan, bagaimana dengan menjalaninya? bagaimana dengan pertanggungjawab nya?
Duhai....masa...waktu..terus berjalan tanpa bisa kita cegah dan kita terus berjalan kedepan...
Tomorrow is History..
Today is Blessing...
Yesterday is Mystery...


Tidak ada komentar: