Sabtu, 15 Mei 2010

Story tentang Klenteng Dhanagun Bogor


Klenteng Dhanagun Klenteng Pertama di Kota Bogor

Suasana sunyi di sekitar Klenteng Dhanagun pada hari-hari biasa. Begitu memasuki tempat ibadah ini, aroma hio langsung terasa. Siang itu, hanya ada sejumlah orang di sana. Agaknya, mereka penjaga klenteng.

Klenteng terletak di Jalan Surya Kencana Nomor 1, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Tempat ibadah ini merupakan klenteng pertama di Kota Bogor. Itu sebabnya, bangunannya masuk dalam cagar budaya.

sudah berapa lama klenteng ini berdiri tidak ada yang tahu dengan pasti, tidak tahu persis kapan klenteng dibangun. Sebab, tidak ada dokumen yang tersimpan di sana.
Yang diketahui, Dhanagun dibangun pada waktu zaman penjajahan. Jadi diperkirakan umur klenteng ini mencapai 300 tahunan.

Walau usia klenteng sudah ratusan tahun, bangunan di sana baru sekali direnovasi, yakni pada 2000. Itu juga hanya diganti genteng dan kayunya saja. Sedangkan, bagian ornamen bangunan tetap dipertahankan.

Bangunan tempat ibadah ini masih tetap kokoh. Warna merah dan emas mendominasi bangunan. Warna-warni itu tetap cemerlang.

Klenteng Dhanagun merupakan satu dari tujuh wihara yang dikunjungi oleh umat. Mereka yang datang bukan hanya orang Bogor, melainkan juga dari luar Bogor.

Suasana di klenteng sepi, tetapi kalau lagi ada perayaan Imlek, klenteng ini pasti penuh orang. Hingar-bingar tabuhan alat musik pengiring pertunjukan barongsai berlangsung sepanjang hari.

Klenteng Dhanagun lokasinya berdekatan dengan Kebun Raya Bogor. Selain untuk tempat ibadah, klenteng ini juga jadi pusat kegiatan sosial. Di sana terdapat klinik kesehatan untuk masyarakat yang berada di sekitarnya.

sebagai bagian dari cagar budaya kota Bogor, tentunya kelestarian Klenteng ini harus dijaga bersama antara peran serta masyarakat dan pemerintah setempat.

sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar: