Sabtu, 03 Januari 2009

Logo Smile di Paten kan??? Ada2 sajah.....

:) :) :)

Qta sering menggunnakan simbol ;-) ketika menulis pesan pendek atau surat elektronik. Mungkin kamu2 sudah memakainya selama bertahun-tahun.

Tiga tanda baca yang diletakkan berjejeran ini dimaksukan untuk menjadi wakil ekspresi kamu dan biasa disebut emoticon.

Tapi tahukah kamu kalau simbol karakter tersebut telah dipatenkan oleh seorang pengusaha Rusia?

Pengusaha bernama Oleg Teterin ini mengatakan merk dagang ;-) telah ia patenkan dan badan paten federal Rusia telah mengeluarkan keputusan bahwa dialah pemilik emoticon tersebut.

Namun para pengritik meragukan dasar hukum kepemilikan emoticon tersebut karena publik telah memakainya selama bertahun-tahun.

Lisensi tahunan

Teterin mengatakan ia akan memburu berbagai perusahaan yang memakai simbol ini tanpa izin.

"Saya ingin menggarisbawahi bahwa upaya ini hanya saya tujukan kepada perusahaan yang mencoba mengambil keuntungan tanpa izin dari pemilik merk dagang," jelas Teterin kepada stasiun televisi Rusia, NTV.

Sementara itu koran Kommersant melaporkan bahwa simbol itu bisa dipakai secara sah setelah perusahaan membeli izin tahunan dari Teterin.

"Ongkosnya tidak mahal. Sekitar puluhan ribu dolar," kata Teterin, presiden Superfone, perusahaan yang menjual iklan di telepon genggam.

Namun dia menegaskan tidak akan memburu perorangan yang memakai emoticon itu.

Dia juga mengatakan emoticon-emoticon lain seperti :-) atau ;-) atau :) mirip dengan simbol ;-) yang ia miliki dan karena itu juga di bawah kepemilikannya.

Beberapa pengamat pengumuman Teterin ini hanya trik belaka.

Presiden situs jaringan pertemanan Rusia, Nikita Sherman mengatakan, "Tidak akan ada orang di Rusia yang akan membayar Superfone untuk memakai emoticon tersebut."

Alexander Malis, direktur perusahaan Vympelkom mengatakan dia tidak akan membeli lisensi dari Teterin dan bercanda bahwa dia akan mempatenkan tanda kurung.

Menurut media di Rusia, Teterin bukan orang pertama di yang mencoba mempatenkan simbol ;-) di Rusia.

Koran Kommersant melaporkan pada 2005 satu pengadilan di St Petersburg memenangkan banding perusahaan Jerman Siemens, yang digugat seorang warga Rusia dengan alasan Siemens melanggar merk dagang yang ia punyai.

sumber :
http://www.rileks.com/ragam/31102006127005-logo-smile-emotion-dipatenkan-.html

Tidak ada komentar: