Kamis, 29 April 2010

BATIK....WARISAN BUDAYA ASELI INDONESIA

Pengakuan Batik sebagai Bagian dari Seni & Tradisi Warisan Dunia Asli Indonesia

Info ini emang udah agak jadul tetapi masih akan ramai terus di opinikan karena berkaitan erat dengan keseharian kita.

Masuknya batik Indonesia dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) diumumkan dalam siaran pers di portal UNESCO pada 30 September 2009. Batik menjadi bagian dari 76 seni dan tradisi dari 27 negara yang diakui UNESCO dalam daftar warisan budaya tak benda melalui keputusan komite 24 negara yang bersidang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Mari kita sukseskan Indonesia membatik dunia, dengan cara memakai batik setiap kesempatan.

Batik sekarang juga keren2, tidak hanya type oldiest seperti yang kebanyakan dulu, tetapi dari sisi fashion sudah mengalami banyak kemajuan, baik untuk kalangan anak muda, orang tua, anak2...sehingga bisa di pakai disetiap kesempatan. Acara santai mau pun resmi.

Bahkan dikalangan kantoran, instansi pemerintah maupun swasta, sudah di budayakan memakai pakaian corak batik, untuk hari-hari tertentu (Kamis & Jumat...ato Jumat & Sabtu).

Barangkali sektor pariwisata yang juga lebih dominan bisa memakai batik sebagai seragam harian di tempat mereka berusaha untuk mendukung sektor pariwisata dan menjadi nilai tambah untuk mengangkat budaya aseli Indonesia (bukan Jiplakan loh).

Tentu nya hal ini juga bisa menjadi peluang usaha bagi industri kain dan fashion di Indonesia....ehm....untuk pengadaan di kantoran? apa lagi...xexexe...

Sekali lagi kita patut bersyukur dengan adanya pengakuan secara international bahwa Brand Image Batik itu merupakan seni, tradisi dan budaya Indonesia aseli.

so...Aku Bangga memakai Batik (coraknya yang keren2 tentunya) xexexe dengan semua unsur estetika dan nilai budaya yang ada dalam setiap cerita corak batik tersebut.

Tidak ada komentar: